Pengertian Dan Kelebihan Java

Java adalah bahasa pemrograman yang multi stage dan multi gadget. Sekali anda menuliskan sebuah program dengan menggunakan Java, anda dapat menjalankannya hampir di semua komputer dan perangkat lain yang bolster Java, dengan sedikit perubahan atau tanpa perubahan sama sekali dalam kodenya. Aplikasi dengan berbasis Java ini dikompulasikan ke dalam p-code dan bisa dijalankan dengan Java Virtual Machine. Fungsionalitas dari Java ini dapat berjalan dengan stage sistem operasi yang berbeda karena sifatnya yang umum dan non-spesifik.

Setelah membahas mengenai pengertian java, selanjutnya kita membahas mengenai kelebihan dan kekurangan java. Kelebihan Java yang pertama tentu saja multiplatform. Java dapat dijalankan dalam beberapa stage komputer dan sistem operasi yang berbeda. Hal ini sesuai dengan slogannya yangs udah dibahas sebelumnya. Yang kedua adalah OOP atau Object Oriented Programming. Java memiliki library yang lengkap. Library disini adalah sebuah kumpulan dari program yang disertakan dalam Java. Hal ini akan memudahkan pemrograman menjadi lebih mudah. Kelengkapan library semakin beragam jika ditambah dengan karya komunitas Java.

Kelebihan Java.

1. OOP

OOP (Object-Oriented Programming) adalah salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi pada objek. Berbeda dengan pemrograman lain yang terstruktur, OOP berfungsi untuk memisahkan sebuah information dengan kelas dan objek yang berbeda-beda. Ai??Hal ini dapat mempermudah mengubah sebuah program dan bisa digunakan dalam berbagai macam perangkat lunak. Selain itu, OOP juga Bahasa yang mudah dipahami dan mudah dikembangkan.

2. Multiflatform

Kelebihan dari bahasa java adalah bisa dijalankan dalam beberapa framework operasi. Seorang developer cukup menulis sebuah program java kemudian diubah dari baasa manusia kedalam Bahasa mesin (bytcode). Jika seorang developer sudah menemukan sebuah bahasa, maka bahasa tersebut bisa dijalankan dalam stage yang berbeda-beda. Maka tidak heran jika sampai saati ini Microsoft, Linuk, Mac OS dan Sun Solaris selalu menggunakan Bahasa pemrograman java.

3. Mirip C++

Bahasa C++ awalnya adalah bahasa yang begitu populer di berbagai unversitas yang ada di Amerika, karena Bahasa C++ begitu terkenal. Tetapi dengan melesatnya penggunaan Bahasa pemrograman java banyak pengguna Bahasa C++ beralih ke Bahasa java. Kenapa demikian? Sebab Bahasa java sendiri lebih mudah dipahami dan sangat cocok bagi para software engineer pemula.

4. Memiliki Class Lengkap

Java sangat terkenal dengan perpustakaan bahasa yang lengkap dan disertakan dalam pemrograman java (library). Hal ini sangat membantu para software engineer untuk membangun sebuah aplikasi. Selain itu, sampai saat ini java terus mengembangkan perpustakaan untuk memudahkan semua pengguna java untuk membangun berbagai macam aplikasi.

CONTOH.

bundle latihan2;

import java.util.Scanner;

open class scanner_angka {

/**

* @param args

*/

open static void main(String[] args) {

/TODO Auto-produced technique stub

int nilai1, nilai2, nilai3;

twofold hasil;

Scanner DataIn = new Scanner(System.in);

System.out.print("Nilai Ujian Ke-1 : ");

nilai1 = DataIn.nextInt();

System.out.print("Nilai Ujian Ke-2 : ");

nilai2 = DataIn.nextInt();

System.out.print("Nilai Ujian Ke-3 : ");

nilai3 = DataIn.nextInt();

hasil = (nilai1+nilai2+nilai3)/3;

System.out.println("Nilai Rata-Rata : " + hasil);

}

}
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
24 Maret 2019 pukul 18.31 ×

Wuih canggih moga sukses bro

Reply
avatar
Admin
admin
24 Maret 2019 pukul 21.58 ×

Pengen sih belajar pemrograman tapi gada waktu. Bagus artikelnya

Mampir juga anakgblog.blogspot.com

Reply
avatar
Thanks for your comment