Pengertian Dan Tipe-tipe data dalam bahasa pemrograman fortan

FORTRAN merupakan salah satu bahasa pemrograman tingkat tinggi (abnormal state language) yang berorientasi kepada suatu masalah tertentu, khususnya masalah yang berkaitan dengan bidang matematika dan teknik. FORTRAN merupakan bahasa tingkat tinggi tertua dan yang pertama. Sebelum hadir FORTRAN, bila seseorang akan memprogram komputer, maka ia harrus menggunakan bahasa mesin yang rumit.

Bahasa ini cukup mudah dipahami dan efektif untuk digunakan. Sehingga, bukan hal yang aneh apabila dengan cepat, bahasa ini berkembang di masyarakat. Bahasa FORTRAN ditujukan terutama sebagai aplikasi di bidang sains dan teknik. Namun saat ini, bahasa FORTRAN harus bersaing dengan bahasa-bahasa pemrograman lain secara kompetitif. FORTRAN yang digunakan pada praktikum kali ini adalah Force 2.0(FORTRAN compiler) yang dimana FORTRAN ini setingkat dengan FORTRAN 2000.

Kronologi FORTRAN dulu hingga kini.

FORTRAN II (Tahun 1958)

FORTRAN IV (Tahun 1966)

FORTRAN 77 (Tahun 78)

FORTRAN 90 and 95 (Tahun 90) kini FORTRAN 2000

Bahasa Pemrograman FORTRAN memiliki kelebihan dan kekurangan :

A. Kelebihan bahasa pemrograman Fortan

FORTRAN bisa menangani ekspresi matematika dan logika yang kompleks. Pernyataanya cukup pendek dan sederhana.

Program FORTRAN yang dikembangkan pada satu tipe komputer bisa dengan mudah dimodifikasi agar bisa bekerja pada tipe yang lain.

B. Kekurangan bahasa pemrograman Fortan

FORTRAN tidak menangani operasi input dan yield pada peralatan penyimpanan seefisien bahasa lain yang levelnya lebih tinggi

Memiliki keterbatasan untuk mengekspresikan dan memproses information nonnumerik

Tidak bisa dibaca atau dipahami semudah bahasa level tinggi yang

Terdapat beberapa hal yang menjadikan bahasa pemrograman FORTRAN lebih unggul dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain yaitu,

compositions eksekusi/kompilasi program yang cukup cepat.

metode penulisan program sangat fleksibel, setiap bagian blok program dapat ditulis secara tidak berurutan.

mendukung teknik kompilasi secara menyeluruh (all assemblage), maksudnya misalkan kita memiliki 5 buah document FORTRAN yang saling berhubungan maka semua record tersebut dapat langsung dikompilasi semua dalam satu perintah dengan bantuan makefile yang kita buat.

memilki kompilator (compiler) yang cukup banyak berkembang.

Masih banyak keunggulan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman ini yang mungkin dapat dirasakan ketika kita membuat program.

C. Struktur bahasa Fortan

 Struktur bahasa FORTRAN dibagi menjadi lima bagian kolom dan tiap-tiap baris didalam program dapat berisi:

a) Metacommand merupakan compiler order (misalnya articulation Program seperti pada bahasa pemrograman Pascal). Sifatnya discretionary, maksudnya tidak harus ada. Metacommand dapat digunakan saat akan berkomunikasi dengan kompiler mengenai informasi tertentu.

b) Komentar dapat berupa tulisan bebas apapun yang berguna untuk memberi keterangan tentang program, sehingga memudahkan dalam membaca program tersebut. berguna bila ingin memodifikasi program atau bila terjadi kesalahan coding.

c) Statement merupakn inti dari program, berisi instruksi-instruksi kepada komputer. Penuangan logika perogram ke komputer jga difasilitasi oleh bagian ini.

d) Sambungan dari explanation baris sebelumnya (sifatnya discretionary).

FORTRAN adalah bahasa tingkat tinggi pertama dan merupakan singkatan dari FORmula TRANslator. Dalam penyusunan program, struktur pemograman dengan FORTRAN memiliki beberapa aturan. Jika saat melakukan penulisan bahasa pemrograman kita melakukan kesalahan maka program tidak akan mau dieksekusi. Ada banyak aturan penulisan juga bagian-bagian yang ada dalam bahasa FORTRAN yang akan dibahas berikut.

1. Penentuan variabel pada bahasa pemrograman Fortan 

Dalam pemrograman, biasanya digunakan suatu variable. Dalam FORTRAN

terdapat beberapa aturan dalam menentukan suatu variable, yaitu:

a) Maksimum memiliki panjang 1320 karater, tetapi hanya 6 karakter pertama yang noteworthy

b) Karater pertama harus berupa huruf

c) Tidak boleh ada spasi

d) Tidak mengandung karakter khusus.

Note : nama variabel tanpa deklarasi tipe jika diawali huruf I – N bertipe number selain itu bertipe genuine

2. Tipe-tipe data dalam bahasa pemrograman fortan

Tipe-tipe information yang terdapat dalam FORTRAN antara lain:

a) Variabel number adalah variable yang digunakan untuk menyimpan nilai numerik bulat. Bila tidak didefinisikan, maka variabel whole number harus ditunjukkan oleh nama variabelnya yang diawali dengan huruf I, J, K , L, M, atau N.

Contoh :

Number ISI

ISI = 275

b) Variable genuine preposisi ganda adalah variable yang dibunakan untuk menyimpan nilai numeric pecahan sebesar 8 byte. Nama variabelnya harus diawali dengan huruf selain I, J, K, L, M, dan N

Contoh :

REAL*8 NILAI

NILAI = 275

Atau

Twofold PRECISION NILAI

NILAI = 75

c) Variable genuine preposisi tunggal adalah variable yang digunakan untuk menyimpan nilai numerik pecahan sebesar 4 byte. Bila tidak didefinisikan, maka variabel whole number harus ditunjukkan oleh nama variabelnya yang diawali dengan huruf I, J, K , L, M, atau N.

Contoh :

Genuine NILAI

NILAI = 99

d) Variable karakter adalah variable yang digunakan untuk menyimpan nilai karakter. Default dari variabel ini adalah 4 byte dan dapat didefinisikan menjadi 1 byte atau n byte (n maksimum 127 byte). Nama dari variabel karakter bebas ini bebas diawali dengan huruf apapun.

e) Variable logika adalah variable yang digunakan untuk menyimpan nilai logika. Default dari variabel ini adalah 4 byte dan dapat didefinisikan menjadi 2 byte

Contoh :

STATUS = .TRUE

Previous
Next Post »
Thanks for your comment