Pengertian Dan Kegunaan Html

HTML adalah singkatan dari HyperText Markup Language yaitu bahasa pemrograman standar yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, yang kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet (Browser). HTML dapat juga digunakan sebagai connect interface antara record document dalam situs atau dalam komputer dengan menggunakan localhost, atau interface yang menghubungkan antar situs dalam dunia web.

Supaya dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi Pemformatan hiperteks sederhana ditulis dalam berkas design ASCII sehingga menjadi halaman web dengan perintah-perintah HTML.

HTML merupakan sebuah bahasa yang bermula bahasa yang sebelumnya banyak dipakai di dunia percetakan dan penerbirtan yang disebut Standard Generalized Markup Language.

HTTP atau Hypertext Transfer Protokol merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer information atau archive yang berformat HTML dari web server ke internet browser. Dengan HTTP inilah yang memungkinkan Anda menjelajah web dan melihat halaman web.

Kegunaan Html:

1. Mengintergrasi gambar dengan tulisan.

2. Membuat Pranala.

3. Membuat structure interaktif.

4. mengintergrasikan berkas suara dan rekaman gambar hidup.

A. Menyunting design tulisan :

HTML memungkinkan seseorang untuk menyunting tampilan atau position berkas yang akan dikirimkan melalui media brave. Beberapa hal yang dapat dilakukan dalam menentukan group berkas adalah :

Menampilkan suatu kelompok customized organization dalam beberapa ukuran yang dapat digunakan untuk judul, Heading dan sebagainya.

Menampilkan tulisan dalam bentuk cetakan tebal.

Menampilkan sekelompok customized organization dalam bentuk soiling dengan hasil ketikan mesin ketik.

Mengubah-ubah ukuran tulisan untuk suatu karakter tertentu.

B. Markah/Tanda

Secara garis besar, terdapat 4 jenis elemen dari HTML :

Sturktural, Tanda yang menentukan level atau tignkatan dari sebuah tulisan (contoh, < h1> Golf</h1> akabn memerintahkan peramban untuk menampilkan "Golf" sebagai tulisan tebal besar yang menunjukan sebagai Heading 1.

Presentasional, Tanda yang menetukan tampilan dari sebuah tulisan tidak peduli dengan level dari tulisan tersebut (contoh, < b> blod face</b> akan menampilkan blod. Tanda presentasional saat ini sudah mulai diganti oleh CSS dan tidak direkomendasi untuk mengatur tampilan tulisan.

Hiperteks. Tanda yang menunjukan pranala ke bagian dari dokumen tersebut atau pranala ke dokumen lain ( contoh, < a href="https://www.blogger.com/"> Blogger </a> akan menampilkan Blogger sebagai sebuah hyperlink ke URL tertentu).

Elemen gadget yang membuat objek-objek lain seperti tombol (< button>), list (< 1i>), dan garis even (< hr>). konsep hypertext pada HTML memungkinkan pembuatan connect pada suatu kelompok individualized structure atau frasa untukmenuju ke bagian manapun dalam Word Wide Web.

Ada tiga macam pranala (interface) yang dapat digunakan :

Pranala menuju bagian lain dari page.

Pranala menuju page lain dalam satu site.

Pranala menuju asset atau site yang berbeda.

Selain markup presentasional, markup yang lain tidak menentukan bagaimana tampilan dari sebuah tulisan. Namun untuk saat ini, penggunaan label HTML untuk menentukan tampilan telah dianjurkan untuk mulai ditinggalkan, dan sebagai gantinya digunakan Cascading Style Sheets.

Contoh dokumen HTML sederhana

<!DOCTYPE html>

<html>

<head bgcolor=green text=withe >

<title>' ' Selamat datang' ' HTML</title>

</head>

<body>

<p>Helo word !</p>

</body>

</html>

Head

Dokumen HTML diapit oleh tag < HEAD></HEAD>. Di dalam bagian ini biasanya dimuat label TITLE yang menampilkan judul halaman pada titlenya program. Selain itu Bookmark juga menggunakan tag TILTLE untuk memberi mark suatu site. Program menyimpan "title" sebagai bookmark dan juga untuk keperluan pencarian ( Searching ) biasanya title digunakan sebagai watchword. Header juga membuat tag META yang biasanya digunakan untuk menentukan informasi tertentu mengenai report HTML. Anda bisa menentukan creator name, catchphrases, dan lainya pada tag META.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment