Sejarah berserta Fungsi dan kemampuan MySQL

Sebagai suatu programming pengelola database tentunya MySQL ini didirikan oleh suatu lembaga atau perusahaan khusus. Perusahaan itu adalah Oracle yang memang menjadi salah satu perusahaan pengelola programming terbesar di dunia. Pada awalnya seorang developer komputer asal negeri Swedia yang bernama Michael "Monty" Widenius mengembangkan suatu sistem database sederhana yang bernama UNIREG. Pada awalnya devices ini menggunakan low dimension database motor dengan ordering. Michael "Monty" Widenius juga masih bekerja pada salah satu perusahaan di Swedia yang bernama TcX.

Dan pada tahun 1994 TcX mulai menaruh minat pada proyek Monty ini dan berencana menjadikan UNIREG sebagai sistem database untuk proyek web yang mereka jalankan. Namun sayangnya UNIREG ini dianggap tidak terlalu cocok untuk database yang dinamis seperti web sehingga pada akhirnya TcX mencari alternatif lain yakni mSQL (smaller than usual SQL) yang dikembangkan David Hughes. Namun lagi – lagi ditemukan masalah sendiri pada mSQL yakni karena sistem yang digunakan tidak mendukung ordering sehingga dianggap kurang bagus.

Dan pada akhirnya timbul kerjasama antara Michael "Monty" Widenius, David Hughes dan Tcx untuk mengembangkan sistem database lebih lanjut lagi, dan pada tahun 1995 dirilis suatu apparatuses pengelolaan database baru yang bernama MySQL. Inilah cikal bakal perkembangan MySQL sebagai salah satu pengelola database terbaik. Karena sifatnya yang open source maka beberapa perusahaan pernah mengembangkan MySQL sampai akhirnya pada saat ini dikelola langsung oleh suatu perusahaan bernama Oracle.

Fungsi MySQL.

MySQL digunakan untuk membuat dan mengelola suatu database secara terstruktur dan otomatis menggunakan suatu Bahasa khusus. Namun lebih jelasnya lagi MySQL ini memberikan kemudahan bagi para pengguna yang ingin mengelola suatu information yang berisi informasi secara String (content based) dan dapat diakses secara pribadi maupun untuk umum dalam suatu web. Hampir semua have atau penyedia server web memberikan fasilitas MySQL untuk para designer web yang menginginkan pengelolaan database di websitenya.

Dalam dunia site, bentuk interface atau tatap muka untuk MySQL ini sering disebut dengan phpMyAdmin. Inilah yang menjadi salah satu faktor adanya keterkaitan antara Bahasa PHP dengan MySQL terutama dalam hal pengelolaan web. Beberapa contoh penerapan MySQL juga dapat dijumpai pada E-Commerce, situs Blog ataupun suatu CMS (WordPress, Joomla, dan lain – lain).

Kemampuan Dari MySQL.

Sebagai suatu pengelola database terbesar dan withering banyak digunakan tentunya MySQL ini memiliki fitur atau kapabilitas tertentu. Salah satu yang withering dicari oleh para pengguna MySQL adalah kemampuannya yang multi-stage dan berlisensi GPL, sehingga dapat digunakan oleh komputer hampir di semua OS. Kinerjanya juga dianggap cukup tinggi dalam hal memproses question – inquiry yang ada meskipun masih terbatas pada database dalam jumlah tertentu.

Beberapa fitur lain yang ada pada MySQL saat ini tersedianya tipe information yang sangat beragam seperti Float, Double, Char, Date dan lain – lain. MySQL juga mendukung penggunaan field sebagai file serta memiliki tingkat keamanan yang cukup bagus dengan adanya Subnetmask, nama Host serta sandi yang terenkripsi.

Dengan adanya penjelasan mengenai pengertian MySQL di atas, diharapkan bagi anda agar lebih paham mengenai fungsi dan sejarah terbentuknya programming ini. Fungsi utama dari MySQL adalah untuk mengelola database SQL, seperti misalnya menambahkan atau menghapus tabel pada database SQL.

Contoh.


Sekarang mari kita buat database di MySQL dengan perintah berikut: 

Make DATABASE Bioskop; 

Bila berhasil kamu dapat melihat database dengan perintah berikut: 

SHOW DATABASES; 

Membuat Tabel 

Sekarang mari kita buat beberapa tabel yang akan digunakan untuk menangani pembelian tiket film: 

Make TABLE administrator( 

id VARCHAR (20) NOT NULL, 

nama VARCHAR (50) NOT NULL, 

secret word VARCHAR(100) NOT NULL, 

created_at DATETIME NOT NULL, 

updated_at TIMESTAMP, 

Essential KEY (id) 

); 

Make TABLE film ( 

id VARCHAR (20) NOT NULL, 

judul VARCHAR (50) NOT NULL, 

deskripsi TEXT, 

rating VARCHAR (50) NOT NULL, 

produksi VARCHAR(100) NOT NULL, 

wholesaler VARCHAR(100) NOT NULL, 

durasi INT NOT NULL, 

nation VARCHAR(50) NOT NULL, 

created_at DATETIME NOT NULL, 

updated_at TIMESTAMP, 

Essential KEY (id) 

); 

Make TABLE teater ( 

id VARCHAR (20) NOT NULL, 

nama VARCHAR (50) NOT NULL, 

created_at DATETIME NOT NULL, 

updated_at TIMESTAMP, 

Essential KEY (id) 

); 

- remote key: teater_id 

Make TABLE kursi ( 

id VARCHAR (20) NOT NULL, 

nama VARCHAR (50) NOT NULL, 

teater_id VARCHAR(20) NOT NULL, 

created_at DATETIME NOT NULL, 

updated_at TIMESTAMP, 

Essential KEY (id) 

); 

- remote key: film_id, teater_id 

Make TABLE jadwal ( 

id VARCHAR (20) NOT NULL, 

hari VARCHAR (50) NOT NULL, 

jam VARCHAR(20) NOT NULL, 

harga INT NOT NULL, 

film_id VARCHAR(20) NOT NULL, 

teater_id VARCHAR(20) NOT NULL, 

created_at DATETIME NOT NULL, 

updated_at TIMESTAMP, 

Essential KEY (id) 

); 

- remote key: operator_id, jadwal_id, kursi_id, 

Make TABLE transaksi ( 

id VARCHAR(20) NOT NULL, 

operator_id VARCHAR(20) NOT NULL, 

jadwal_id VARCHAR(20) NOT NULL, 

kursi_id VARCHAR(20) NOT NULL, 

jumlah_dibayar INT NOT NULL, 

kembalian INT NOT NULL, 

created_at DATETIME NOT NULL, 

Essential KEY (id) 

); 

Pada kode diatas kamu dapat membuat sebuah tabel dengan perintah CREATE TABLE. Kemudian ada tipe information berupa INT, VARCHAR, TEXT, DATETIME dan TIMESTAMP. Untuk tipe information VARCHAR kamu harus menentukan berapa panjang maksimal dari kolom tersebut. Tipe INT dapat kamu tentukan panjang angka yang akan digunakan. Sedangkan TIMESTAMP akan selalu diisi secara otomatis oleh MySQL saat baris baru dibuat. 

Kemudian ada juga atribut tambahan NOT NULL dimana kolom tersebut tidak boleh kosong saat compositions embed. Kemudian ada penentuan PRIMARY KEY dimana kolom tersebut akan menjadi pembeda antar kolom agar mencegah information dengan id sama memiliki dua baris yang sama. 

Bila berhasil seharusnya Anda dapat melihat daftar tabel dengan perintah berikut: 


SHOW TABLES;

Previous
Next Post »
Thanks for your comment